Kenapa Menikah?




2018. Seorang Ilma de Sabrini baru saja menyandang gelar sarjana pendidikan. Si anak ambis yang punya target ini dan itu, salah satunya soal menikah. Pikiran Ilma de Sabrini soal menikah pada saat 2018 itu bukanlah sesuatu yang mendesak disegerkan. 

Melainkan sesuatu yang harus dilaksanakan, namun entah kapan. Walaupun demikian, si perfeksionis ini tetap saja ngasih target buat nikah. Salah ga sih? Menurut kalian gimana? Komen di bawah coba.

Dulu Ilma de Sabrini menargetkan mau nikah kalau umur sudah 30 tahun atau 32 tahun. Gile, ga ketuaan tuh? Barangkali ada sebagian dari kawan-kawan yang mikir gitu yaa. Tapi ga apa-apa, menurut gw kapan timing seseorang bakal menikah itu beda-beda. Termasuk kamu yang sedang baca tulisan ini.

Dulu ketika umur gw 23 tahun, tetangga sering banget nanya, “Ilma, pacarnya mana? Kok ga pernah keliatan bawa pacarnya ke rumah?” atau kalau setiap acara keluarga “Ih,Ilma udah lulus nih. Kapan mau nyusul Mba X buat nikah?”.  Mungkin di antara kalian pernah ngalamin hal serupa seperti gw.

Tapi gw nanggepinnya ya bodo amat. Jujur gw ga terlalu risih kalau ditanya soal mana pacarnya atau kapan mau nikah. Ga serisih dan stressfull kalo ditanya “Kapan lulus? Skripsi udah sampe mana, udah selesai skripsinya?” Hahaha pertanyaan soal skripsi justru lebih bikin gw ga nyaman ketimbang ditanya soal kapan nikah.

Menikah menurut gw bukan cuma tentang kesiapan soal adanya calon atau ga, tapi lebih ke mental diri sendiri. Karena, saat itu gw berpikir bahwa menikah bukan hanya persoalan saling mencintai aja. Tetapi, soal gimana diri kita mengontrol ego diri dan emosi.

Karena menikah bukan hanya menyatukan dua insan yang jatuh cinta, melainkan menyatukan dua keluarga, budaya, dan juga pemikiran yang tidak selalu selaras.

Tiap berefleksi ke diri sendiri, gw bertanya ke si Ilma “Yakin udah siap mentalnya? Bisa kontrol ego diri dan emosi belum?” Kalau jawaban diri sendiri merasa belum siap, yaa mending nanti dulu. Ga usah maksain kalau hanya sekadar memenuhi ekspektasi sosial atau lingkungan.

Setelah lulus, alhamdulillah langsung dapat kerja yang gw impikan sejak lama, cita-cita gw, jadi wartawan. Gw seneng banget dapat pekerjaan yang bikin gw sibuk luar biasa. Sampe-sampe bikin gw sama sekali ga dengarin omongan tetangga yang saban hari (waktu liat gw) topiknya soal jodoh dan pernikahan.

Hingga akhirnya, di tahun 2020 Januari ada seorang laki-laki pemberani yang ngelamar gw. Uhuuuiii....

Ilma de Sabrini di tahun 2020 lebih punya pikiran yang realistis dan rasional. Kalau ada orang yang ngajak gw nikah, gw harus meyakinkan diri sendiri. Apakah orang ini bisa menjadi kawan berpikir. Loh, kok kawan berpikir?

Lah, iya dong. Ini menjadi faktor yang sangat penting untuk jadi pertimbangan gw memilih pasangan hidup. Pasangan yang bisa gw ajak bertukar pikiran dan berpikir sewaras mungkin dalam mengambil keputusan bersama.

Karena, kalau udah berstatus suami istri, bukan lagi keputusan gw, bukan keputusan dia, tapi menjadi keputusan KAMI. Bukan “kita” loh yaa, beda arti “kami” sama “kita”. Kalau pakai kata “kami” yaa kamu ga ikutan. Sekarang, sering kali orang-orang salah menempatkan kata “kita” pada hal yang seharusnya “kami”.

Lanjuuuttt...

Teman yang senantiasa menempatkan Allah di hidupnya, menjadikan Al-Qur’an pedoman yang selalu dijalankan. Ini penting bangeeett. Yaiyaah, kalau beda agama mohon maaf, bye dulu deh. Hehehe Alhamdulillah dia islam. Yang gw pikirkan berikutnya adalah apakah orang ini cerdas dan punya rasa tanggung jawab.

Kemudian, apakah dia memiliki pandangan soal ekonomi yang sama dengan gw. Maksudnya gimana nih? Kok bawa-bawa soal ekonomi? Belum nikah udah matre aja ya?

Biar gw kasih contoh. Gw punya prinsip ga mau riba, yaa gw mau suami gw juga punya pandangan yang sama soal ini. Maunya kalau investasi ya pakai prinsip-prinsip syariat islam. Karena ga sedikit loh di luar sana yang muslim tapi dalam finansialnya ga sesuai dengan syariat islam.

Kriteria tambahan, suka baca. Karena gw suka baca, suka banget malah. Jadi, gw pengen dia menjadi teman diskusi. Gw percaya, bahwa orang-orang yang suka membaca (baca apa aja masuk), memiliki pikiran yang terbuka dan dewasa. Asik banget ga sih kalau punya kawan hidup yang memiliki pikiran terbuka?

Gw bersyukur bahwa dia (suami gw) pun selaras dengan apa-apa yang udah gw jelasin itu. Saat gw minta petunjuk sama Allah, gw ngerasa yakin bahwa dia adalah orang yang tepat.

Gw pun merasa secara mental dan finansial sudah siap untuk hidup bersama, menjalani ibadah terpanjang ini bersama dia. Gw ngerasa ini saatnya gw menikah.

Di hari pernikahan, tiba-tiba terbersit, “Wah, ternyata gw nikah umur 25 yaaa. Ga jadi umur 30 tahun nih. Alhamdulillah,”.

Ternyata emang bener. Allah yang ngatur jodoh kita, bahwa Allah udah nentuin tiap-tiap hambanya itu berpasang-pasangan. Datangnya kapan tu jodoh ya cuma Allah yang tahu.

Liat teman satu per satu ngirim undangan pernikahan, kadang bikin beberapa orang ngerasa “Wah, udah mau nikah aja ya dia. Gw kapan yaa?”

Umur 28, 29, 30, 40 belum nikah yaa ga apa-apa. Please, jangan memaksakan menikah kalau itu hanya untuk memenuhi ekspektasi orang-orang terhadap lo. Menikahlah ketika lo siap, siap mental, ilmu,dan finanial (ini menurut gw yaa).

Satu tahun masa pernikahan gw sama suami, gw merasa menikah dengannya adalah pilihan yang ga pernah gw sesali. Kenapa? Gw ngerasa lebih dewasa dalam melihat sesuatu, belajar memaafkan diri sendiri, belajar dari beberapa kesalahan dan memperbaikinya bareng suami.

Merasa bersyukur bahwa menikah adalah sebuah anugrah yang Allah kasih buat kami, bahwa menikah menjadikan kami tumbuh dewasa bersama, mengarungi pengalaman yang gw sebut sebagai pengalaman pertama dalam hidup.

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (QS Az Dzariyat : 49).

Inget ayat itu bikin gw makin bersyukur. Allah sayang banget sama kita, walau kadang tingkah kita banyak macamnya. Hahaha

Terima kasih yaa kawan-kawan online udah bacatulisan gw. Udah gitu aja. Bye!

 

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer