Ramadan di Raja Ampat, Nuansa Bugis Ada Banget di Sini



Ini adalah kali pertama saya merasakan bulan Ramadan di luar pulau Jawa, di Papua pula. 

Setiap bulan Ramadan atau puasa, salah satu hal yang saya nantikan adalah berburu takjil dan juga tarawih berjamaah di masjid. Mungkin kamu juga begitu?

Ekspektasi awal datang ke Raja Ampat, saya bakal menemukan kebudayaan Papua yang kental. Ternyata ekspektasi tidak selalu berbanding lurus dengan realita yaa. Hehehe

Nyatanya di Raja Ampat khususnya di Waisai lebih kental dengan budaya Bugis Makassar. Lho kok bisa?

Hal ini lantaran banyaknya warga pendatang dari suku Bugis Makassar yang merantau atau menetap di Waisai. Yaaa jadi ga heran kalau budaya Bugis ada di Raja Ampat. 

Salah satu bukti dominansi suku Bugis Makassar di Waisai adalah makanan atau hidangan khas Bugis yang mendominasi.

Saat berburu takjil, saya menemukan banyak kue khas Bugis yang dijual di pinggir-pinggir jalan. Apa saja tuh kue-kuenya?




x



Mungkin salah satunya kamu udah tahu. Es pisang ijo, salah satu favorit saya. Hehehe Selain harga yang cukup murah, buat saya es pisang ijo ini nyegerin dan ngenyangin. Di sini dijual seharga Rp 5 ribu per gelas pop es gitu.

Trus ada putu pase, barongko, sikaporo, sanggara belanda (ini favorit saya). Unik-unik banget kan namanya? Saya baru pertama kali mendengar dan menyicipi hidangan-hidangan itu di sini. 

Ga dipungkiri memang, makanan menjadi salah satu produk budaya. Dimana makanan khas daerah juga merupakan hasil akulturasi budaya. 

Makanan menurut saya juga adalah sebagai identitas suatu bangsa. Coba sebutkan berapa banyak makanan khas Indonesia? banyak kan? Jadi, Indonesia itu kaya banget budayanya. 

Saya harap suatu hari nanti kamu juga bisa menikmati hidangan-hidangan nusantara yang rasanya ajib banget. Itu juga menjadi harapan saya pribadi. Hehehe

Nah, kalau salat tarawih biasanya masyarakat di sini kebanyakan tarawih di masjid dekat rumah. Namun, tentu saja yang paling ramai di Masjid Agung Waisai. Nuansanya beda aja gitu kalau tarawih di masjid agung ini. Rasanya adem dan menyenangkan.



Sebelum salat tarawih biasanya di sini ada ceramah terlebih dahulu. Masyarakat di sini juga kalau salat tarawih ada yang ambil 20 (dua puluh) rakaat dan ada juga yang 8 (delapan) rakaat. Kalau kami tim yang mana nih? Menurut pengamatan pribadiku, jamaah di Masjid Agung Waisai kebanyakan mengambil yang 8 (delapan) rakaat. 

Tulisan ini diunggah beberapa hari jelang hari raya idul fitri. Ga sabar banget rasanya ngerasain lebaran di sini. Tahun ini baru pertama kali merantau jauh dan ga mudik ke kampung halaman. Masyarakat Waisai di hari ini sudah banyak yang mudik. Jadi, makin sepi. Hehehe

Semoga kita puasanya dilancarkan Allah SWT yaa sampai garis finish beberapa hari lagi. Semangat!

Yaaa segitu aja cerita kali ini. Terima kasih udah mampir untuk baca. :)

Bye!

Komentar

Postingan Populer